TF Churchy - шаблон joomla Книги
Print

Prof Imam Suprayogo : Lembaga pendidikan gagal membangun akhlak dan karakter

kuliah umum pascaPendidikan seharusnya mampu memberikan nilai tambah bagi seseorang. Tapi berdasarkan fakta yang ada dilapangan, masih saja ditemukan bahwa orang yang berpendidikan tinggi belum memperlihatkan karakter dan akhlak yang baik dalam kehidupannya sehari-hari. Teori sederhana mengatakan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, seharusnya semakin tinggi akhlak atau karakternya, tetapi sebaliknya justru semakin rendah. Itulah tema besar yang disampaikan oleh guru besar UIN malang Imam Suprayogo dihadapan mahasiswa pascasarjana IAIN Bukittinggi (15/10) lalu di Aula Kampus I IAIN Bukittinggi,

Menurutnya saat ini lembaga pendidikan gagal dalam membangun aklak dan karaktek. “Seharusnya penmdidikan menghasilkan orang yang semakin dekat dengan siapapun tanpa melihat latar belakangnya. Orang yang terdidik di lembaga pendidikan seharusnya mampu berkomunikasi dan bahkan mampu memberikan mamfaat yang ada padanya. Tapi ironisnya itu banyak tidak terjadi”

Apalagi menurut mantan rektor UIN Malang ini “meskipun orang yang berpendidikan tinggi memiliki ilmu yang luas dan memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang diperlukan oleh orang banyak. Tetapi jika tidak dibarengi dengan akhlak mulia justru akan merugikan bagi dirinya maupun orang lain”

Maka ia menekankan “pendidikan itu mesti terintegrasi antara ilmu dengan amal. Sehingga jika ada yang mengatakan saat ini lembaga pendidikan baru menjadikan seorang pintar akan terbantah” untuk itu ia berhgarap kepada mahasiswa pascasarjana IAIN Bukittinggi“agar menjadi ilmuan yang berakhlakul karimah, sehingga dapat membantah pendidikan saat ini gagal”

Rektor IAIN Bukittinggi Ridha Ahida dalam pembukaan menyampaikan “bahwa mahasiswa saat ini mahasiswa seharusnya membangun paradigma keilmuan integratif”. Sehingga bisa mengaplikasikan antara ilmu dan amal. Jika itu dilakasanan “maka mahasiswa tidak hanya sukses akademis saja tetapi sukses di kehidupan social” tutupnya

Contact Info

Sekretariat :
Kampus  I IAIN Bukittinggi
Jl. Paninjauan Garegeh - Bukittinggi
Telp.  (0752) 33136, 34310
Fax. (0752) 22875

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

IAIN Bukittinggi

Icon